Copyright © The Root of Learning
Design by Dzignine

The Root of Learning

Adalah blog tentang semangat belajar seorang anak. Dalam blog ini kami dokumentasikan petualangan belajar, kurikulum, dan materi belajar yang kami gunakan. Belajar tak mengenal batasan.
Sunday, January 27, 2013

Tarumanagara Sebagai Akar Budaya

Tarumanagara adalah sebuah kerajaan Hindu di barat pulau Jawa. Hari ini, sebagian dari sejarah kerajaan ini kami pelajari. Setelah dulu mempelajari Kutai Kartanegara, sekarang giliran Tarumanagara. Kami mengambil sumber dari Wikipedia. Tapi tunggu dulu, yang penting dari belajar sejarah pada third grade adalah kemenarikan cara penyampaiannya.

Bagaimana cara yang menarik? Tentu saja dengan konteks bercerita. Anak-anak, pasti suka didongengin. Isi dongeng terbukti sangat menancap dalam pikiran mereka, daripada jika disampaikan dalam bentuk pemaparan.

Bagi saya, mendongeng isi sejarah adalah sangat menarik dan menyenangkan. Bagaimana dengan anak? Sambil memeluk guling, berbaring di sebelah saya, melihat bacaan yang saya baca, dia sangat senang dan perhatian penuh. "Ternyata, dulu tanda tangan itu gak ada Mi! Yang ada itu tanda kaki!" Ya, tanda kaki di berbagai prasasti. Melalui prasasti-prasasti inilah sejarah manusia bisa diketahui.

0 comments:

Post a Comment