Copyright © The Root of Learning
Design by Dzignine

The Root of Learning

Adalah blog tentang semangat belajar seorang anak. Dalam blog ini kami dokumentasikan petualangan belajar, kurikulum, dan materi belajar yang kami gunakan. Belajar tak mengenal batasan.
Sunday, January 27, 2013

Thinking Questions

Hari ini kami belajar math menggunakan kurikulum Singapore, dengan buku Math Guide Primary 3, yang ditulis oleh Samuel Wong, halaman 56 dan 71.

Materi kali ini sangat menantang logika matematika. Namun, dengan sedikit saja arahan anak saya berhasil mengerjakannya. Saya suka soal-soal matematika yang seperti ini, karena benar-benar mengasah kemampuan berpikir logika.


Seperti soal nomer 2 di gambar atas, untuk menghasilkan angka terbesar, maka faktor pengali harus angka yang paling besar. Begitu pula yang dikalikan adalah angka yang terbesar.

Pattern seperti di soal nomer 1 dan 3 juga sangat menantang. Anak harus mengetahui pola deretan angka untuk menjawab pertanyaannya.


Nah, untuk soal nomer 1 di halaman ini, sebetulnya anak saya belum diajarkan tentang bilangan kwadrat, namun karena di halaman ini ada soal yang harus diselesaikan dengan bilangan kwadrat, maka hari ini saya memperkenalnya pada anak. 

0 comments:

Post a Comment