Copyright © The Root of Learning
Design by Dzignine

The Root of Learning

Adalah blog tentang semangat belajar seorang anak. Dalam blog ini kami dokumentasikan petualangan belajar, kurikulum, dan materi belajar yang kami gunakan. Belajar tak mengenal batasan.
Friday, January 25, 2013

Greek Myth Sebagai Bagian Dari Sejarah

Kisah dewa-dewi Yunani dalam mitologi Yunani, adalah sebuah mitos, sebuah cerita yang belum terbukti kebenaran keberadaannya. Namun, kisah-kisah yang telah mendunia ini layak dipelajari sebagai bagian dari sejarah. Mengapa demikian? Kisahnya yang kompleks, mengandung banyak sekali sudut pandang kepribadian, strategi, dan berbagai kecerdasan, termasuk kebodohan yang manusiawi, bisa dipelajari sebagai suatu pengalaman hidup.

Telah banyak bidang study setingkat diploma atau bahkan kesarjanaan di kampus-kampus internasional yang mengadopsi mitologi Yunani ini dalam pembelajaran psikologi maupun sejarah. Nah, dalam belajar sejarah kali ini, kami juga ingin mempelajarinya, namun disesuaikan dengan tingkat pemahaman third grader kami. Oleh karena itu, kami memilih Greek Myth Plays.

Dalam Greek Myth Plays, tokoh-tokoh mitologi Yunani dipelajari melalui dialog drama. Hari ini kami mendramakan The Gods And Goddesses Bake-Off, yaang berkisah tentang Zeus yang ingin makan makanan dan minuman lain selain Ambrosia (makanan para dewa) dan Nectar (minuman para dewa).

Dialognya yang lucu, sangat sesuai dengan gaya dialog jaman sekarang, sangat menarik third grader kami untuk mengikutinya. Oiya, dialognya dalam bahasa Inggris, sehingga ini juga sekaligus sebagai sarana belajar reading bahasa Inggris.

Secara sekilas, kami telah belajar tentang siapa saja anak Zeus dan Hera, dan dewa-dewa yang terkenal serta posisinya dalam mitologi Yunani.

0 comments:

Post a Comment